23 Nov 2010

Alasan Memilih Departemen Kimia

Author: elinm09 | Filed under: Academic

Segala sesuatu yang ada disekitar kita merupakan bahan kimia, udara yang kita hirup, makanan yang kita makan, alat-alat yang kita pergunakan dan masih banyak benda lainnya. Pengalaman buruk yang terjadi di perkotaan dan lingkungan hidup kita yang diakibatkan oleh senyawa-senyawa kimia berbahaya menjadi sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat, seperti pencemaran udara oleh timbal, perairan oleh air raksa, CFC dan lain-lain. Penanggulangan hal tersebut harus ditangani dengan serius dan ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi saya untuk mempelajari ilmu kimia lebih dalam.

Jurusan atau departemen di suatu universitas atau institut yang berkaitan dengan ilmu kimia secara umum ada 4, yaitu; kimia murni, teknik, analis dan pendidikan. Menurut saya, kimia murni merupakan departemen yang cocok untuk saya karena kimia murnilah yang dapat membawa saya ke “dunia kimia” yang sesungguhnya. Kimia murni dapat mengajarkan saya teori-teori kimia dan pembuktian eksperimennya, serta adanya upaya-upaya pencarian dan penemuan teori kimia yang baru. Meskipun saya suka ilmu fisika dan matematika dan kata orang lain kimia teknik akan lebih cocok karena didalamnya banyak berkaitan dengan kedua ilmu tersebut, tapi saya tetap memilih ilmu kimia murniyang 96% mempelajari kimia itu sendiri. Selainitu, departemen kimia merupakan departemen bagi orang-orang yang menyukai tantangan dan kemampuan berimaginasi yang tinggi. Misalnya, tantangan untuk melakukan berbagai macam percobaan di laboratorium dan kemampuan berimaginasi dalam mempelajari struktur molekul.

Menurut staf di Northeastern University,  lulusan kimia banyak dicari ditempat kerja. Banyak Mahasiswa jurusan kimia yang ditawarkan sebuah pekerjaan oleh suatu perusahaan industri sebelum mereka lulus. Selain itu, kemampuan analisis seorang sarjana kimia juga sangat diperlukan dalan dunia kerja saat ini.

Contoh Karir Setelah Sarjana Kimia

Industri mengandalkan langsung
pada pelatihan teknis

ahli kimia
Karir dalam ilmu mengandalkan
pada umum ilmiah

pelatihan kimiawan
Karir terkait dengan
berhitung, analitis dan

keterampilan pemecahan masalah

lulusan kimia
Farmasi
Agrokimia
Bioteknologi
Parfum dan kosmetik
Tekstil dan pewarna
Cat
Petrokimia
Polimer
Bahan
Semikonduktor
Fotografi
Biomaterial
Ilmu Forensik
Paten hukum
Ilmiah jurnalisme
Pengajaran
Laboratorium pemerintah
Kesehatan dan keselamatan
Perlindungan lingkungan
Bahan bakar nuklir
Obat
Ilmiah penerbitan
Akuntansi
Penjualan
Manajemen
Pemasaran
Teknologi informasi
Investasi perbankan
Konsultasi manajemen
Aktuaria / Asuransi
Hukum
Personil

Usaha kimia dapat  menghasilkan banyak pekerjaan. Banyak industri yang bergantung pada produk-produk kimia , termasuk pertanian, konstruksi, manufaktur plastik, manufaktur furnitur, dry cleaning, gedung pelayanan, perawatan kesehatan, kimia makanan, forensik, peralatan pemantauan lingkungan dan pelayanan, dll.  Kesempatan kerja bagi ahli kimia meliputi: Akademisi (26%); Pemerintah (7%), industri kimia (66%), dan lainnya (pustakawan, penulis, pemilik usaha kecil, dll). Di USA ada lebih dari 170 perusahaan-perusahaan kimia yang beroperasi. Ada lebih dari 80.000 bahan kimia terdaftar untuk digunakan di Amerika Serikat, dan diperkirakan 2.000 yang baru diperkenalkan setiap tahun. Menurut American Chemistry Council, bisnis kimia [di Amerika Serikat] merupakan elemen kunci dari ekonomi negara.

Berdasarkan informasi-informasi yang saya peroleh tersebut, saya semakin yakin untuk memilih kimia sebagai ilmu pegangan untuk mencapai impian saya. Meskipun kesuksesan sangat tergantung dari usaha dan kerja keras kita, tapi tanpa ilmu kerja keras itu tidak akan berguna.

referensi:

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.northeastern.edu/chem/undergraduate_studies/why_choose_chemistry/

http://www.ilpi.com/msds/ref/chemical.html

http://www.chemistryexplained.com/Bo-Ce/Careers-in-Chemistry.html

http://julhasratman.blogspot.com/2010/05/bingung-memilih-kimia-mipa-atau-kimia.html

23 Nov 2010

Arsen Si Pembunuh Bayaran

Author: elinm09 | Filed under: Academic

Siang ini aku duduk didepan rumahku di gang 4 blok VA nomor 33 di kampung kami sistem periodik unsur , aku berusaha mengingat kembali tentang semuanya, tentang tawaran manusia untuk melakukan hal yang menurutku itu sangat menjijikan untuk aku ulangi lagi, yaitu pekerjaan membunuh. Sudah lama aku jadi pembunuh bayaran, dan sebenarnya aku ingin berhenti dari pekerjaaan menjijikan ini, tapi lagi-lagi aku tak bisa. Manusia-manusia itu lebih mempercayaiku daripada teman-temanku seperti halnyasianida atau yang lainnya. Karena katanya pekerjaanku sangat rapi, dengan menyusup lewat makanan racunku menyerang sistem pencernaan manusia yang akan kubunuh sehingga dia mati seolah-olah seperti karena shok.

Sebenarnya aku sudah lelah dengan pekerjaan seperti ini, dan tak ingin mengulangnya lagi, sejak pembunuhan Napoleon Bonaparteaku sebenarnya telah berjanji untuk tidak membunuh lagi, tapi lagi-lagi korban jatuh di tanganku. Tahun 2004 saja aku membunuh seorang aktivis HAM Munir dari indonesia dan kini manusia itu datang lagi padaku menyuruhku membunuh seorang temannya hanya karena takut tersaingi dalam perebutan jabatan sebagai direktur sebuah perusahaan.

“Ahhh….ini benar-benar bisa membuatku gila, kenapa sih dikalangan manusia itu selalu saja ada yang serakah, kenapa mesti cemburu pada keadaan? bukankah tuhan itu tidak menempatkan kita pada tempat yang sama?.

Arsenik..” seseorang menyapaku perlahan.

Aku segera membalikkan badan, dan kulihat disana fosfor kakakku menghampiri. Dalam keluargaku aku sebenarnya unsur yang paling dekat dengannya daripada dengan kakaku yang satu lagi Nitrogen atau dengan adik-adikku Antimon atau Bismut. Sehingga dalam karakteristik secara kimiawi aku lebih mirip dia, dia suka memanggilku arsenik atau dengan bahasa yunani namaku Arsenikum.

“Ada apa kak?”

“Katanya mau bakti sosial pada manusia, kok malah melamun disini?”

“Iya kak, bentar lagi juga berangkat”

“Kulihat akhir-akhir ini kau sering melamun sen,ada masalah dengan pacarmu khlor? Dan kulihat kalian tidak sering berjalan bersama lagi. Malah sekarang kau lebih aktif membantu manusia,mencuci kerislah, membasmi hama dan tikuslah, pengawet kayulah, dan sekarang adikku ini mau bakti sosial apalagi?”

Aku tersenyum melihat matanya berbinar-binar, sejak dulu , sejak aku baru saja ditemukan olehAlbertus Magnus tahun 1250 dan dipertemukan dengannya di kampung SPU, mata itu tak pernah berubah, dia senantiasa berusaha jadi kakakku yang baik

“Eh di tanya malah senyum-senyum, atau jangan-jangan kau sedang jatuh cinta lagi sen?”

“Gak lah kak, aku dan khlor akhir-akhir ini cuma sedikit renggang aja, tapi kami baik-baik saja kok. Sekarang aku mau membantu manusia menyepuh perunggu, membuat bahan cat, keramik, elektronik,  efek kembang api,   zat warna atau pencelup, industry kulit, pengeras timah hitam, serta pembeningan kaca.

” Ckkk…ckkk…kau hebat sen, selain oksidamu ampoter ternyata kau juga banyak aktif membantu manusia, aku bangga padamu Sen, tapi sebelumnya kakak khawatir kau berjalan-jalan kekalangan manusia soalnya kakak takut ada yang menyuruhmu lagi untuk membunuh, bukan apa-apa sih, nyawa itu berharga Sen, apa kau masih ingat waktu dulu itu, waktu kau membunuh aktivis HAM yang bernama Munir itu, sampai-sampai heboh di buatnya, dan kampung kita juga di buat gegerkan. Bahkan kau juga yang sebelumnya dipercaya untuk pengobatan dalam bidang homeopati, gara-gara suka dijadikan racun pembunuh jadi tidak dipercaya lagi kan”

“Iya kak, aku kan berusaha untuk menolak jadi pembunuh bayaran lagi, ya udah aku berangkat dulu kak”

“Baiklah, hati-hati jangan sampai tubuhmu menyentuh makanan para manusia Sen!”

“Iya, aku tahu kak, tubuhku kan beracun, aku pasti hati-hati”

Begitulah kawan dengan kakakku fosfor, apa yang harus kukatakan padanya kalau saja dia tahu aku akan membunuh lagi, maafkan aku kak, aku tidak kuasa untuk menolaknya. Malam ini kemungkinan satu orang lagi akan jatuh di tangan racunku. Malam ini, aku akan menyusup lagi lewat makanannya untuk membunuhnya, maafkan aku kak, ijinkan aku satu kali saja melakukannya lagi. Sudah itu aku janji, aku tidak akan mengulanginya lagi, lagipula mungkin setelah ini, aku kan di larang berjalan-jalan dikalangan manusia lagi, mungkin kau sudah bosan mendengar janji-janjiku kak, karena tiap kali aku membunuh, aku selalu berjanji padamu untuk tidak mengulanginya lagi, tapi kali ini, setelah aku menyelesaikan semuanya, aku benar-benar berjanji padamu untuk tidak mengulanginya lagi.

Ahh…aku jadi bingung, harus membunuh apa enggak ya? Khlor kemana lagi? padahal pada saat gini seharusnya dia ada disampingku, apa masih mengurusi pacarnya sinatrium itu, aku heran, padahal dia kan playboy tapi masih saja mempertahankan hubungannya dengan sinatrium itu, apa sih kelebihan dia? Sampai-sampai khlor tidak rela untuk melepasnya. Hah…! kenapa aku tidak pergi saja pada oksigen, dia jugakan kekasihku (As3O2), tapi…bagaiman kalau nanti ketahuan sama khlor? Peduli amat dah, siapa tahu dari oksigen aku bisa tahu kabar hubungan khlor dengan natrium.

Ditulis oleh Halimah Pakot

30 Jul 2010

agry chemist 46

Author: elinm09 | Filed under: Academic

AGRICEMIST adalah group buat anak2 kimia IPB angkatan 46..

jangan ngaku anak kimia 46 IPB kalo ga jaoin sama group ini..

pengurus:
24 Jun 2010

Green campus_

Author: elinm09 | Filed under: Academic
bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme